Recipes

Kue Kering Keju a.k.a Cookies Keju Chedar Murah dan Enak (No Mixer)

2/05/2016 aurelia.erique 0 Comments

Haiii Sobat Suka Makan !!

Sebelum menuliskan resepnya, boleh dong ya saya ceritakan sedikit mengenai kue ini. Saat ini sya tinggal bersama kakak perempuan saya di kost- kost an di daerah tangerang, karena sama- sama bekerja dan harus pintar- pintar menghemat gaji, kami sama- sama sepakat bila ingin ngemil sesuatu maka kami harus membuatnya, karna saya merupakan lulusan SMA  Tata Boga jadi selain hobi makan saya juga punya hobi memasak. 

Oke daripada kepanjangan, karena kakak pengin ngemil cookies keju yang murah dan enak, maka tercipta lah resep berikut. hehehehe...

Resep asli saya ambil dari cookpad milik Mbak Nuri di Surabaya, tapi sudah saya modifikasi ya, karena kan di resep itu Mbak Nuri membuat nastar, sedangkan kakak pengen cookies keju. 


Yuk langsung simak resep nya 

Kue kering keju a/k Cookies Keju Chedar murah dan enak

Bahan-bahan: 

  • 350gram Tepung Terigu (Segitiga Biru)
  • 200 gram Mentega (Saya pakai Royal Palmia) 
  • 3 butir Kuning Telur
  • 100 gram Gula Halus ( bila tidak suka manis bisa dikurangi menjadi 80gram saja) 
  • 200 gram Keju CRAFT (Parut Halus)
  • 1 sdm Tepung Maizena
  • 27 gram Susu Bubuk
  • 1 sdm Rum Butter (saya ganti dengan royal palmia karna kebetulan saya ga punya di rumah) 

Cara Membuat:


  • Masukkan mentega, gula, rum butter dan kuning telur dalam wadah. 
  • Kocok dengan wisk / sendok kayu sampai rata, tidak perlu sampai putih ya, cukup sampai tercapur rata saja dan tidak boleh lebih dari dua menit ya. 
  • Kemudian masukkan susu bubuk dan perisa vanilli. Tepung terigu dimasukkan perlahan lahan dan terakhir parutan keju. 
  • Aduk rata sampai jadi adonan yang kalis tidak lengket di tangan dan empuk
  • Cetak dengan cookie cutter dan panggang di oven kurang lebih 30 menit api sedang. 

*Tips dan trik:
 

  • Pengocokan margarin dan gula, biasa nya boleh sampai 2 menit, tetapi kalau mentega hendaknya jangan sampai lebih dari 1 menit, karena mentega mudah mencair saat di kocok.
  • Gunakan tepung terigu protein rendah agar kue menjadi renyah, untuk jenis- jenis tepung terigu dapat di lihat disini . 
  • Adonannya jangan terlalu banyak tersentuh tangan supaya tidak liat. 
  • Bila adonan dirasa masih terlalu lembek mungkin karena terlalu lama mengocok telur dan gula, jangan di beri tambahan tepung ya, karna kue akan berbau terigu dan biasa nya bertambah keras. 
  • Bila tidak punya mixer kita bisa menggunakan wisk dan juga sendok kayu. 
  • Suhu untuk mengoven kue kering sebaiknya jangan terlalu tinggi supaya dapat matang secara merata. 

Sekian Tips dan Trik dari saya

Terima kasih sudah mampir di blog saya
*Tips dan trik di ambil dari berbagai sumber.

Baca juga: Mengenal Jenis Tepung

You Might Also Like

0 comments: